Kamis, 03 November 2011

KINEMATIKA

kinematika adalah cabang dari mekanika yang membahas gerakan benda tanpa mempersoalkan gaya dinamika, yang mempersoalkan gaya yang mempengaruhi gerakan. penyebab gerakan. Hal terakhir ini berbeda dari dinamika, yang mempersoalkan gaya yang dipengaruhi oleh gerakan.

nah pada kinematika ada beberapa bahasan yang telah di bahas di blog kita ini

1. GERAK LURUS
Gerak lurus adalah gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Dapat pula jenis gerak ini disebut sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama.(wikipedia indonesia)

Gerak lurus dibagi menjadi 2 yaitu
A. Gerak Lurus Beraturan
Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.
s = v \cdot t \!

dengan arti dan satuan dalam SI:
  • s = jarak tempuh (m)
  • v = kecepatan (m/s)
  • t = waktu (s)
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak lurus suatu obyek, di mana kecepatannya berubah terhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap. Akibat adanya percepatan rumus jarak yang ditempuh tidak lagi linier melainkan kuadratik.
v = v_0 + a \cdot t \!
s = v_0 \cdot t +  \frac{1}{2} a \cdot t^2 \!
dengan arti dan satuan dalam SI:
  • v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
  • a = percepatan (m/s2)
  • t = waktu (s)
  • s = Jarak tempuh/perpindahan (m)
2. Gerak Melingkar

Pengertian Gerak Melingkar
Setiap hari mungkin kita sering melihat banyak hal fenomena yang terjadi, yang salah satunya itu berhubungan dengan gerak melingkar.
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai berbagai macam gerak melingkar, seperti compact disc (CD), gerak bulan mengelilingi bumi, perputaran roda ban mobil atau motor, komidi putar, dan sebagainya.
Gerak Melingkar adalah gerak benda pada lintasan yang berbentuk lingkaran.
Gerak melingkar dibagi menjadi dua bagian : Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).

A. Gerak Melingkar Beraturan
B. Besaran Gerak Melingkar 
C. Hubungan Roda-Roda
D. Percepatan Sentripetal
E. Gaya Sentripetal
F. Gerak Melingkar Berubah
Beraturan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar